Trip To Ijen Crater

Halo, Apa kabar?

Disini aku akan berbagi cerita tentang pengalaman pertama mendaki gunung. waktu itu aku ikut open trip bersama teman mendaki gunung ijen kemudian mampir ke little africanya indonesia. dan menengok ke kawasan yang terkena lumpur lapindo.

Untuk aksesnya dari jakarta kami naik kereta ke surabaya dan turun di Stasiun Pasar Turi. Perjalanan yang ditempuh sekitar 12 jam. tengah malam  Kami sudah dijemput oleh travel dari pihak Open trip. dan langsung menuju ke penginapan. Besoknya kami kembali berangkat. Tujuan pertama yaitu ke Taman National Baluran.

Kebetulan waktu kesana sedang musim penghujan. jadi padang savananya kelihatan hijau.

Here we go, ini adalah little africanya indonesia. Dan ini adalah pemandangan dari taman nasional baluran. atau biasa dikenal savana bekol.

Aku sarankan jika ingin kesini sebaiknya saat musim kemarau. karena padang savananya mungkin akan terlihat lebih cantik.

Disini kalian juga bisa menemui beberapa hewan seperti rusa. ada banyak rusa disini.

Setelah puas mengelilingi padang savana kami kembali melanjutkan perjalanan. Lokasi kedua yang kita tuju adalah gunung ijen.

Inilah pengalaman pertama mendaki gunung bagiku. kami tiba di pos paltuding sekitar pukul 23.30. dan rencana akan mulai pendakian sekitar
pukul 00.00 WIB. kurang lebih 3-4 jam untuk sampai ke puncak.

Tujuan utama kami adalah Blue fire. Karena Musim penghujan, Blue fire biasanya tidak terlalu besar dan terang. Begitulah info yang kami dapat dari warga sekitar.

Dan inilah penampakannya. memang terlihat kecil dan tidak terlalu terang. Tapi aku yakin kalian akan bersyukur bisa melihatnya langsung.
Butuh perjuangan untuk bisa melihatnya.
Mendaki gunung dengan medan pasir dan bau belerang yang cukup menyengat. Ditambah Angin yang bertiup lebih dingin karena cuaca saat itu baru selesai turun hujan. Aku hampir terkena gejala Hipotermia karena baju yang ku kenakan terlalu tebal. Sehingga ketika aku berkeringat badan juga ikut kedinginan. Aku sarankan kalian memakai jaket yang quick dry. Karena ini pengalaman pertamaku mendaki gunung. Mungkin aku kurang prepare soal memilih pakaian yang pas untuk mendaki agar tidak kedinginan. Itu yang aku sesalkan.Ditengah perjalanan mendaki ada beberapa warga yang menawarkan Ojek Gerobak karena melihat kakiku yang mulai kram. Sekedar info bagi kalian yang baru pertama mendaki sebaiknya siapkan obat-obatan seperti koyo dan hot cream. Jadi ketika terjadi kram jangan lupa oles obat tersebut kemudian beristirahatlah. Jangan memaksakan untuk mendaki selama kram kalian belum reda. selain menyiksa diri juga akan merepotkan teman mendaki kalian.
Aku bersyukur bisa mendaki sampai puncak.
Ini adalah pemandangan Di puncak gunung ijen.
Dengan tinggi 2.443 Mdpl. Sepanjang Pendakian kalian akan menemukan penambang belerang dan juga pengrajin belerang.

Kalian bisa bayangkan bagaimana beratnya membawa belerang di bahu kalian. Aku salut, mereka bisa naik turun bahkan dengan beban yang berat dipundaknya.

Begitulah pengalaman pertamaku mendaki.
Akhirnya sekitar pukul 07.00 WIB kami memutuskan untuk turun. dan kembali pulang ke penginapan.

Setelah beristirahat sejenak kami kembali berangkat. Lokasi ketiga adalah Lumpur Lapindo. Sebenarnya kami terkesan hanya mampir. karena perjalanan kami melewati Lumpur Lapindo Searah dengan Bandara Juanda.

Seperti inilah potret dari Lumpur Lapindo. Kalian bisa melihatnya sendiri dibelakangku seperti padang lumpur yang hitam.

Setelah berfoto kami kemudian melanjutkan perjalanan pulang kembali ke jakarta.

Finally, begitulah perjalanan trip kami. Kami bersyukur bisa kembal kerumah dalam keadaan selamat.